Kamis, 29 Januari 2015

Perbedaan Switch Manageable dan Unmanageable

Manageable Switch


Manageable switch biasa disebut Switch Pintar, yaitu switch yang dapat dikonfigurasi dan dikonfigurasi setiap portnya. Memiliki fitur yang menarik dan dibutuhkan bagi jaringan WAN (Wide Area Network). Mampu untuk mengontrol lalu lintas (trafic jaringan). Semua fasilitas tersebut tergantung dari merk/vendor manageable switch tersebut. Semakin banyak fasilitas/fiturnya maka semakin mahal harga perangkat switch tersebut. Switch ini juga memiliki fungsi pada layer 3, yang sama halnya seperti router. Semua fitur ini tujuannya adalah untuk keamanan (security). Contohnya seperti seseorang yang iseng masuk jaringan LAN dengan menghubungkan ke salah satu port pada switch.

Perbedaan tersebut dominan bisa di lihat dari kelebihan dan keunggulan yang dimiliki oleh switch manageable itu sendiri.kelebihan switch manageable adalah :
  1. Mendukung penyempitan broadcast jaringan dengan VLAN
  2. Pengaturan access user dengan access list
  3. Membuat keamanan network lebih terjamin
  4. Bisa melakukan pengaturan port yang ada.
  5. Mudah memonitoring trafick maintenance network karena dapat diakses tanpa harus berada di dekat switch.
Selain itu, admin juga bisa menspesifikasikan MAC address tertentu yang hanya dibolehkan terhubung, tujuannya mencegah user lain memindahkan host/node yang terdaftar.

Unmanageable Switch



Sedangkan Unmanageable switch, ada yang bilang switch bodoh atau switch biasa. Switch ini hanya switch biasa tidak memiliki fitur tambahan seperti manageable switch, cara kerjanya hampir sama dengan HUB. Tetapi bedanya, semua data tidak dikirimkan ke semua port, tetapi bisa menuju port tertentu saja.

Harga switch Non Manageble lebih murah jika dibandingkan Manageable Switch Namun apabila terjadi masalah dengan jaringan kita, kita tidak akan bisa melakukan troubleshooting dengan mudah karena switch nya tidak bisa diapa-apakan. Problem yang paling sering terjadi diantaranya ip address conflict, tidak bisa konek dll. Ip address conflict, Apabila jaringan sudah mulai tersebar diberbagai area, akan sangat sulit melakukan troubleshooting computer mana yang menyebabkan masalah tersebut.

1 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Our Team Memebers